Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kesulitan Belajar Spesifik di SDN Repok Puyung

Main Article Content

Yulia Hidayati
Arif Widodo
Awal Nur Kholifatur Rosyidah

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai setiap siswa. Akan tetapi tidak semua siswa dapat dengan mudah mendapatkan keterampilan itu salah satunya adalah siswa dengan ksulitan belajar spesifik. Maka dari itu diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis bagi siswa yang kesulitan belajar spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan media gambar berseri. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Repok Puyung dengan jumlah 20 siswa, guru kelas IV dan seorang observer. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dalam pelaksanaanya dilakukan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa serta kemampuan membaca dan menulis telah meningkat. Tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran selama siklus pertama sebesar 49% sedangkan pada siklus kedua meningkat dengan rata-rata 75%. Kemampuan membaca sebelum dilakukan tindakan sebesar 74,2 pada siklus pertama 75,8 dan pada siklus kedua sebesar 81,9. Kemampuan menulis sebelum tindakan sebesar 73,9 pada siklus pertama 75,1 dan siklus kedua sebesar 78,75.

Article Details

Section
Articles