Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Article Content

Titan Reza Safitri
Siti Rohana Hariana Intiana
Nurul Kemala Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen berjenis Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan yang berjumlah 121 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas V/A, V/B dan V/C. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas V/A sebagai kelas eksperimen dan V/B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes berupa essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 67,87 dan pre-test kelas kontrol sebesar 60,63 sedangkan nilai post-test kelas eksperimen sebesar 77,59 dan post-test kelas kontrol sebesar 67,63. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t sampel independen dengan bantuan program analisis statistik SPSS 18.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 diperoleh hasil ttest < 0,05 (ttest = 0,019), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Article Details

Section
Articles