Perbedaan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas VII MTsN 2 Mataram

Authors

  • Nurayani Nurayani Universitas Mataram
  • Khairuddin Khairuddin Universitas Mataram
  • Ahmad Raksun Universitas Mataram

Keywords:

cooperative learning, team games tournament, numbered head together, the result of learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi Siswa pada Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT di kelas VII MTsN 2 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN 2 Mataram berjumlah enam kelas dengan jumlah siswa 226 orang. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII C sebagai eksperimen 1 dan VII D sebagai kelas eksperimen 2. Kelas VII C menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, sedangkan kelas VII D menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Perolehan data dengan menggunakan tes untuk melihat hasil belajar aspek kognitif dan lembar observasi untuk mengetahui aktifitas siswa dan keterlaksanaan RPP. Pengujian hipotesis menggunakan uji t polled varian karena data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil Post-test thitung = 5,28 dan harga Kritik ttabel= 2,02 sehingga hasil uji hipotesis yang diperoleh menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa antara yang menggunakan model TGT dengan NHT. Hasil belajar ranah kognitif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Downloads

Published

2020-09-06

How to Cite

Nurayani, N., Khairuddin, K., & Raksun, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas VII MTsN 2 Mataram. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif, 1(1), 45–51. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/39