PERAN MDMC DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN DAN PSIKOSOSIAL UNTUK ANAK TERDAMPAK GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK UTARA
Keywords:
MDMC, pelayanan, pendidikan, psikososial, anak, gempa bumiAbstract
Kondisi dampak gempa bumi di pulau Lombok tersebut, mengundang para organisasi kemanusiaan untuk membantu mengevakuasi korban gempa yang meninggal dunia, pengungsi, dan sarana prasarana yang hancur rata dengan tanah. Tujuan artikel ini untuk mengetahui peran MDMC dalam pelayanan pendidikan dan psikososial untuk anak terdampak gempa bumi di kabuaten Lombok Utara. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan evaluasi program, jumlah informan yang pakai adalah 13 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi dan inventory checklist, serta analisis data menggunakan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran MDMC dalam memberikan pelayanan pendidikan dan psikosial dapat memberikan pengaruh yang postif terhadap para korban gempa terutama pada anak-anak dengan tujuan adanya pencerahan secara akademik maupun psikologis dalam menghadapi bencana alam. Pelayanan dalam pendidikan lebih focus pada memberikan pembinaan, pelatihan dalam penekanan akademik, penguata motivasi anak, dan permainan game yang menarik untuk menghilangkan trauma gempa. Pelayanan psikososial kepada anak korban gempa berupa pendampingan kelompok rentan (rumah tahan gempa), menyediakan dapur khusus balita, sekolah ceria untuk anak-anak dan mendirikan TPA/TPQ untuk membina anak pada penguatan keagamaan dan membaca kitab suci al-qur`an. Jadi MDMC berperan dalam bidang kebencanaan baik dalam melayani pendidikan maupun psikososial serta bidang lainnya.