Pengaruh Media Permainan Bahasa Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Gerung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Widia Asmawati
Safruddin Safruddin
Siti Rohana Hariani Intiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran permainan bahasa terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Observasi dapat memberikan berbagai data informasi yang diperlukan dalam penelitian, tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan membaca dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian berupa foto-foto, dan lainnya selama penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari pembelajaran menggunakan permainan bahasa terhadap keterampilan membaca. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca pada kelas eksperimen sebesar 79.29 dan kelas kontrol sebesar 73.40. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 3.0439, dan t tabel 2.0075 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelajaran menggunakan permainan bahasa terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan tahun ajaran 2019/2020.

Article Details

Section
Articles