PENERAPAN STRATEGI MODELING DENGAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS 1 SDN REPOK PUYUNG

Main Article Content

Wari’ul Hasanah
Lalu Hamdian Affandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf siswa berkebutuhan khusus di SDN Repok Puyung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis huruf dan observasi pelaksanaan pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa terdapat peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan strategi modelling dengan media pasir. Skor aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 87.5 meningkat menjadi 95.83 pada siklus II. Demikian pula halnya dengan keterampilan menulis huruf siswa, rata-rata skor keterampilan menulis huruf siswa pada siklus 1 sebesar 62.5 meningkat menjadi 75 pada siklus II. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan strategi modelling dengan media pasir dijadikan sebagai alternative untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, khususnya bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus

Article Details

Section
Articles