http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/issue/feed Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif 2020-09-06T10:28:30+01:00 Lalu Hamdian Affandi hamdian.fkip@unram.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Prosiding Seminar Nasional Inklusif merupakan prosiding yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram. Prosiding ini mencakup bidang pendidikan inklusif, pendidikan dasar, sosial humaniora, serta matematika dan IPA.</p> http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/50 Front Matter Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif 2020-09-06T05:08:59+01:00 Tim Editor Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif semnasinklusif@gmail.com <p style="text-align: justify;">Prosiding Seminar Nasional Inklusif merupakan prosiding yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram. Prosiding ini mencakup bidang pendidikan inklusif, pendidikan dasar, sosial humaniora, serta matematika dan IPA.</p> 2020-09-06T04:41:57+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/33 Keterampilan Kolaborasi: Solusi Kesulitan Belajar Siswa SMA dalam Mempelajari Kimia 2020-09-06T05:09:00+01:00 Ermia Hidayanti ermiahidayanti@gmail.com Lalu Rudyat Telly Savalas lalurudyattellysavalas@prospek.unram.ac.id Jannatin ‘Ardhuha jannatinardhuha@prospek.unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Kompleksitas materi kimia dan banyaknya beban pada setiap mata pelajaran, menyebabkan siswa SMA sering mengalami kesulitan belajar. Tidak banyak siswa menyadari kesulitan belajar yang dihadapi dan berusaha untuk mengatasinya, sehingga sering terjadi hasil yang tertulis di raport tidak sesuai dengan kompetensi yang dikuasai. Kurangnya percaya diri yang dimiliki siswa membuat guru sulit untuk mengatasi masalah tersebut. Perlu adanya suasana yang mendukung siswa agar bisa bebas berkembang di dalam dan luar kelas. Diskusi dan kejasama dalam kelompok kecil bisa menjadi salah satu alternatifnya. Penilitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tanggapan siswa tentang keterampilan kolaborasi yang dimiliki dalam menghadapi pembelajaran kimia di kelas. Sebanyak 240 siswa memberikan tanggapan terhadap keterampilan kolaborasi yang mereka miliki saat pembelajaran kimia menggunakan kuesioner yang berisi 35 item pernyataan. Hasil menunjukkan bahwa respon siswa dengan kemampuan akademik sedang hingga tinggi terhadap keterampilan kolaborasi saat pembelajaran kimia berlangsung diatas 50% bisa dikatakan tinggi. Respon siswa tertinggi pada aspek interaksi antar anggota kelompok. Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu alternatif keterampilan yang perlu dikembangkan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia.</p> 2020-09-05T09:02:23+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/34 Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kesulitan Belajar Spesifik di SDN Repok Puyung 2020-09-06T05:09:01+01:00 Yulia Hidayati yuliahidayati@prospek.unram.ac.id Arif Widodo arifwidodo@unram.ac.id Awal Nur Kholifatur Rosyidah awalnurkholifaturrosyidah@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai setiap siswa. Akan tetapi tidak semua siswa dapat dengan mudah mendapatkan keterampilan itu salah satunya adalah siswa dengan ksulitan belajar spesifik. Maka dari itu diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis bagi siswa yang kesulitan belajar spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan media gambar berseri. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Repok Puyung dengan jumlah 20 siswa, guru kelas IV dan seorang observer. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dalam pelaksanaanya dilakukan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa serta kemampuan membaca dan menulis telah meningkat. Tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran selama siklus pertama sebesar 49% sedangkan pada siklus kedua meningkat dengan rata-rata 75%. Kemampuan membaca sebelum dilakukan tindakan sebesar 74,2 pada siklus pertama 75,8 dan pada siklus kedua sebesar 81,9. Kemampuan menulis sebelum tindakan sebesar 73,9 pada siklus pertama 75,1 dan siklus kedua sebesar 78,75.</p> 2020-09-05T09:04:43+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/35 Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020 2020-09-06T05:09:01+01:00 Titan Reza Safitri titanrezasafitri@gmail.com Siti Rohana Hariana Intiana sitirohana@prospek.unram.ac.id Nurul Kemala Dewi nurulkemaladewi@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen berjenis Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan yang berjumlah 121 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas V/A, V/B dan V/C. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas V/A sebagai kelas eksperimen dan V/B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes berupa essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 67,87 dan pre-test kelas kontrol sebesar 60,63 sedangkan nilai post-test kelas eksperimen sebesar 77,59 dan post-test kelas kontrol sebesar 67,63. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t sampel independen dengan bantuan program analisis statistik SPSS 18.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 diperoleh hasil t<sub>test</sub> &lt; 0,05 (t<sub>test</sub> = 0,019), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.</p> 2020-09-06T03:55:31+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/36 Kesiapan MI NW Tanak Beak Narmada dalam Menyelenggarakan Pendidikan Inklusi 2020-09-06T05:09:02+01:00 Nurimin Djuani nurimin@prospek.unram.ac.id Bariah Bariah bariah@prospek.unram.ac.id Iva Nurmawanti ivanurmawanti@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Amanat UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional salah satunya ialah menyelenggarakan pendidikan tanpa deskriminasi terhadap peserta didik. Artinya pendidikan harus diterapkan secara merata ke seluruh peserta didik termasuk terhadap siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Berkaitan dengan hal tersebut, penting kiranya untuk melaksanakan pendidikan inklusi karena pendidikan inklusi tersebut sangat berguna baik bagi siswa ABK maupun bagi siswa pada umumnya. Oleh karena itu, MI NW Tanak Beak Narmada yang memiliki siswa ABK dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta guru ahli yang menangani siswa ABK, siap untuk menyelenggarakan pendidikan inklusi di madrasah. Kesiapan MI NW Tanak Beak Narmada dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi semakin kuat terlihat dengan melihat urgensi dari penerapan pendidikan inklusi itu sendiri. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah mendeksripsikan kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum MI Tanak Beak telah siap dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi berdasarkan dari manajemen sekolah, sarana dan prasarana, juga dari kemampuan guru.</p> 2020-09-06T03:56:59+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/37 Pendekatan Agama bagi Anak Berkebutuhan Khusus di MI NW Tanak Beak 2020-09-06T05:09:03+01:00 Bariah Bariah bariahmei@gmail.com Nurimin Nurimin nurimin@prospek.unram.ac.id Linda Feni Haryati lindafeni@unram.ac.id Vivi Rachmatul Hidayati vivirachma@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">MI NW Tanak Beak merupakan salah satu madrasah yang menyelenggarakan pendidikan inklusi, dengan jumlah anak berkebutuhan khusus sebanyak 47 siswa. Tidak ada perbedaan kelas antara siswa normal dengan anak berkebutuhan khusus, semua siswa digabung belajar bersama. Dalam kenyataanya pembelajaran anak berkebutuhan khusus tidak bisa disamakan dengan anak normal pada umumnya. Secara empiris, peserta didik yang normal akan lebih mudah memahami materi pelajaran, namun secara umum pendidikan agama terhadap anak intinya sama yaitu menjadikan anak sebagai manusia yang beriman, bertaqwa dan berahlak mulia. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan dalam mendidik anak berkebutuhan khusus melalui pendekatan agama dan dampaknya bagi siswa berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tindakan dan proses pendekatan agama yang dilakukan guru kepada anak berkebutuhan khusus dan dampaknya bagi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian mengunakan metode deskriptif kulitatif. Hasil penelitian: Pendekatan agama yang dilakukan untuk untuk anak berkebutuhan khusus (1) Mengji hafaln ayat-ayat pendek; (2) mengajarkan tata cara solat; (3) mengajarkan tata cara wudhu ;(4) solat sunah; (5) solat zuhur berjamaah; (6) menulis kaligrafi; (7) hafalan doa sehari-hari, dan yang paling utama; (8) Pegenalan akan Tuhan serta penanaman akhlak.</p> 2020-09-06T03:58:18+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/38 Kreatifitas Guru dalam Mengajar di Sekolah Inklusi 2020-09-06T05:09:04+01:00 Siti Istiningsih istiningsih92@gmail.com <p style="text-align: justify;">Prinsip dasar dari sekolah inklusif adalah memungkinkan semua anak seyogyanya belajar bersama-sama, tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada diri mereka. Sekolah inklusif mengenal dan merespon terhadap kebutuhan yang berbeda-beda dari para siswanya, mengakomodasi berbagai macam gaya dan kecepatan belajarnya, dan menjamin diberikannya pendidikan yang berkualitas kepada semua siswa melalui penyusunan kurikulum yang tepat, pengorganisasian yang baik, pemilihan strategi pengajaran yang tepat, pemanfaatan sumber dengan sebaik-baiknya, Kreativitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah inklusi adalah dengan a) menanamkan hubungan yang baik dengan peserta didik, b) bersikap ramah dan hangat, c) memuji anak berkebutuhan khusus dan membantu peserta didik lainnya, d) pengaturan tempat duduk yang bervariasi, e) menyiapkan berbagai macam bahan yang bervariasi untuk semua mata pelajaran dan f) melaksanakan penilaian hasil belajar dengan observasi dan portofolio.</p> 2020-09-06T03:59:40+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/39 Perbedaan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas VII MTsN 2 Mataram 2020-09-06T05:09:05+01:00 Nurayani Nurayani nurayani@prospek.unram.ac.id Khairuddin Khairuddin khairuddin.fkip@unram.ac.id Ahmad Raksun ahmadraksun@prospek.unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi Siswa pada Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT di kelas VII MTsN 2 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN 2 Mataram berjumlah enam kelas dengan jumlah siswa 226 orang. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII C sebagai eksperimen 1 dan VII D sebagai kelas eksperimen 2. Kelas VII C menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, sedangkan kelas VII D menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Perolehan data dengan menggunakan tes untuk melihat hasil belajar aspek kognitif dan lembar observasi untuk mengetahui aktifitas siswa dan keterlaksanaan RPP. Pengujian hipotesis menggunakan uji t polled varian karena data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil Post-test thitung = 5,28 dan harga Kritik ttabel= 2,02 sehingga hasil uji hipotesis yang diperoleh menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa antara yang menggunakan model TGT dengan NHT. Hasil belajar ranah kognitif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT.</p> 2020-09-06T04:03:14+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/40 PERAN MDMC DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN DAN PSIKOSOSIAL UNTUK ANAK TERDAMPAK GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK UTARA 2020-09-06T05:09:06+01:00 Abdul Sakban sakban.elfath@yahoo.co.id Maemunah Maemunah maemunah@ummat.ac.id Hafsah Hafsah hafsah@ummat.ac.id <p style="text-align: justify;">Kondisi dampak gempa bumi di pulau Lombok tersebut, mengundang para organisasi kemanusiaan untuk membantu mengevakuasi korban gempa yang meninggal dunia, pengungsi, dan sarana prasarana yang hancur rata dengan tanah. Tujuan artikel ini untuk mengetahui peran MDMC dalam pelayanan pendidikan dan psikososial untuk anak terdampak gempa bumi di kabuaten Lombok Utara. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan evaluasi program, jumlah informan yang pakai adalah 13 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi dan inventory checklist, serta analisis data menggunakan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran MDMC dalam memberikan pelayanan pendidikan dan psikosial dapat memberikan pengaruh yang postif terhadap para korban gempa terutama pada anak-anak dengan tujuan adanya pencerahan secara akademik maupun psikologis dalam menghadapi bencana alam. Pelayanan dalam pendidikan lebih focus pada memberikan pembinaan, pelatihan dalam penekanan akademik, penguata motivasi anak, dan permainan game yang menarik untuk menghilangkan trauma gempa. Pelayanan psikososial kepada anak korban gempa berupa pendampingan kelompok rentan (rumah tahan gempa), menyediakan dapur khusus balita, sekolah ceria untuk anak-anak dan mendirikan TPA/TPQ untuk membina anak pada penguatan keagamaan dan membaca kitab suci al-qur`an. Jadi MDMC berperan dalam bidang kebencanaan baik dalam melayani pendidikan maupun psikososial serta bidang lainnya.</p> 2020-09-06T04:05:59+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/41 Pengembangan Kegiatan Bermain Pasir Kinetik untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Mataram Tahun Ajaran 2019 2020-09-06T05:09:07+01:00 Ajeng Tungga Dewi ajengtunggadewi@gmail.com <p style="text-align: justify;">Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan bermain pasir kinetik yan tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Mataram tahun 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun khususnya pada kelompok B yang berjumlah 11 orang diantaranya 3 laki-laki dan 8 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan langkah-langkah dalam proses kegiatan bermain pasir kinetik yaitu: memasukan pasir kinetik kedalam cetakan, kemudian menjumput, meremas dan memijit pasir kinetik kedalam cetakan, meratakan pasir menggunakan tangan dan stik es krim, melepaskan pasir kinetik dari cetakan dengan membalikan cetakan dan diangkat perlahan, dan terakhir pada bagian-bagian pasir yang kurang sempurna setelah di cetak maka direstorasi kembali menggunakan jari-jari tangan. Perolehan hasil tahap pengembangan I dengan persentase sebesar 39% kategori “Mulai Berkembang (MB)”, tahap pengembangan II sebesar 64% kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”, dan tahap pengembangan III sebesar 82% kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Berdasarkan hasil persentase pada tiga tahap pengembangan terjadi peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan kegiatan bermain pasir kinetik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020</p> 2020-09-06T04:07:24+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/42 Pengaruh Media Permainan Bahasa Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Gerung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 2020-09-06T05:09:08+01:00 Widia Asmawati aswidia897@gmail.com Safruddin Safruddin safruddin@unram.ac.id Siti Rohana Hariani Intiani rohanahariani@prospek.unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran permainan bahasa terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Observasi dapat memberikan berbagai data informasi yang diperlukan dalam penelitian, tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan membaca dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian berupa foto-foto, dan lainnya selama penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari pembelajaran menggunakan permainan bahasa terhadap keterampilan membaca. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca pada kelas eksperimen sebesar 79.29 dan kelas kontrol sebesar 73.40. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 3.0439, dan t tabel 2.0075 sehingga dapat diketahui t hitung &gt; t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelajaran menggunakan permainan bahasa terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan tahun ajaran 2019/2020.</p> 2020-09-06T04:08:51+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/43 Implementasi Program Lima Hari Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SDN Gugus IV Praya Tengah 2020-09-06T05:09:09+01:00 Siti Zulaiha zulaiha.peha@gmail.com Heri Hadi Saputra harihadisaputra@unram.ac.id Husniati Husniati husniati@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program lima hari sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa SDN gugus IV Praya Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan model trianggulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan model interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program lima hari sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa SDN Gugus IV Praya Tengah belum dilaksanakan secara optimal terbukti dengan banyaknya ketidaksamaan antara apa yang sudah direncanakan dengan yang dilaksanakan. Sekolah juga belum memenuhi keempat prasyarat pelaksanaan program sehingga pelaksanaan program menjadi terhambat. Penanaman nilai-nilai utama karakter juga hanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh sekolah pada umumnya. Secara keseluruhan program lima hari sekolah dalam praktiknya hampir sama dengan program enam hari sekolah. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam penanaman nilai-nilai utama karakter yaitu sbb: Religiusitas yaitu melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, berdo’a dan mengheningkan cipta ketika upacara bendera serta kegiatan imtaq pada hari Jum’at. Nasionalisme yaitu melalui upacara bendera, menggunakan seragam sekolah, tidak terlambat datang ke sekolah, pemasangan bendera di halaman sekolah serta pengembangan diri dengan ekstrakurikuler pramuka. Mandiri yaitu siswa mandiri dalam berkegiatan di sekolah dan di kelas khususnya bagi kelas satu seperti mengerjakan tugas individu, piket kelas, dan makan sendiri tanpa disuapi serta membiasakan diri menabung. Gotong royong yaitu melalui kerja kelompok dan piket bersama, menjadi petugas upacara dan juga kegiatan pramuka secara berkelompok. Integritas yaitu hormat terhadap orang yang lebih tua dan mengumpulkan sumbangan bagi teman yang terkena musibah.</p> 2020-09-06T04:10:02+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/44 PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA NETRA MELALUI KONSELING CLIENT CENTRED DI SEKOLAH INKLUSI SMAN 6 MATARAM 2020-09-06T05:09:10+01:00 Wiwiek Zainar Sri Utami wiwiekzainarutami@gmail.com Eneng Garnika enenggarnika@undikma.ac.id Lu’luin Najwa najwa@undikma.ac.id <p style="text-align: justify;"><em>Client Centred</em> merupakan teknik konseling dimana yang paling berperan adalah klien sendiri, klien dibiarkan untuk menemukan solusi mereka sendiri terhadap masalah yang tengah mereka hadapi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Tuna Netra Melalui Konseling Client Centred Di Sekolah Inklusi SMAN 6 Mataram”? Tujuan penelitian ini “untuk mengetahui Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Tuna Netra Melalui Konseling Client Centred Di Sekolah Inklusi SMAN 6 Mataram”. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa tunanetra dan sampel sebanyak 3 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan rumus t-test. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 5,962 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1)= 3-1= 2 sebesar 4,303. Hasil analisis nilai thitung lebih besar dari pada nilai t pada tabel (5,962 &gt; 4,303), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: Ada Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Tuna Netra Melalui Konseling Client Centred Di Sekolah Inklusi SMAN 6 Mataram, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.</p> 2020-09-06T04:11:08+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/45 BUKTI YANG MEMBUKTIKAN DAN BUKTI YANG MENJELASKAN DALAM KURIKULUM MATEMATIKA SEKOLAH 2020-09-06T05:09:11+01:00 Deni Hamdani deni.math@unram.ac.id Junaidi Junaidi junaidi@unram.ac.id Dwi Novitasari dwinovitasari@unram.ac.id Nilza Humaira Salsabila nilzahumaira@unram.ac.id Ratna Yulis Tyaningsih ratnayulis@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Bukti adalah suatu argumen logis yang diberikan sesuai dengan aturan sistem deduktif, dan digunakan sebagai pembenaran kebenaran pernyataan suatu teorema, serta bagian fundamental dari proses berpikir matematis. Sebuah bukti mungkin kurang meyakinkan ketika hanya terbukti valid berdasarkan bentuknya saja, tanpa memperhatikan isinya. Seringkali sebuah ide baru matematika diterima, lebih penting dari apa yang dibuktikan, bukan kebenaran dari bukti yang lebih berbobot. Bukti dinilai penting untuk memunculkan hubungan matematika daripada hanya untuk menunjukkan kebenaran hasil. Dan akan bermanfaat untuk memperkenalkan suatu perbedaan eksplisit antara “bukti yang membuktikan” dan “bukti yang menjelaskan.” Keduanya adalah bukti yang sah, dan terdiri dari pernyataan yang merupakan aksioma sendiri atau mengikuti pernyataan sebelumnya sebagai hasil dari penerapan aturan inferensi yang benar. Untuk menggambarkan perbedaan antara keduanya dalam makalah akan menggunakan konsep barisan bilangan segitiga. Hasil kajian yang diperoleh adalah pentingnya menguraikan konsep bukti yang menjelaskan, dan kemudian mempertimbangkan implikasinya untuk penanganan pembuktian dalam kurikulum, serta menyarankan bahwa bila memungkinkan perlunya menyajikan kepada mahasiswa tidak hanya “bukti yang membuktikan”, melainkan juga “bukti yang menjelaskan.” Sehingga nantinya mahasiswa menjadi sadar akan kompleksitas masalah dan perlunya menghasilkan argumen yang valid.</p> 2020-09-06T04:12:19+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/46 PENERAPAN STRATEGI MODELING DENGAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS 1 SDN REPOK PUYUNG 2020-09-06T10:28:30+01:00 Wari’ul Hasanah whasanah@prospek.unram.ac.id Lalu Hamdian Affandi hamdian.fkip@unram.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf siswa berkebutuhan khusus di SDN Repok Puyung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis huruf dan observasi pelaksanaan pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa terdapat peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan strategi modelling dengan media pasir. Skor aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 87.5 meningkat menjadi 95.83 pada siklus II. Demikian pula halnya dengan keterampilan menulis huruf siswa, rata-rata skor keterampilan menulis huruf siswa pada siklus 1 sebesar 62.5 meningkat menjadi 75 pada siklus II. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan strategi modelling dengan media pasir dijadikan sebagai alternative untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, khususnya bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus</p> 2020-09-06T04:13:27+01:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif