PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SDN 15 Cakranegara. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampling total, dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan independen sample t-test. Hasil analisis data menggunakan program SPSS versi 23.0 menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,816 dan ttabel sebesar 2,011, dimana nilai thitung>ttabel atau dengan melihat nilai sig. (2 tailed) dalam taraf signifikansi 5% memperoleh sebesar 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.