PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV DI SDN 8 UTAN TAHUN 2021/2022

Main Article Content

Rizky Fitri
Ida Bagus Kade Gunayasa
Heri Hadi Saputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 8 Utan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas empat SDN 1 Utan. Sampel penelitian diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Sensus/Sampling total. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dam dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode bermain peran. Sedangkan tes digunakan untuk mengukur keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 8 Utan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan diperoleh nilai signifikansi atau Sig(2-tailed) 0,040 yang berarti <0.05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 8 Utan.

Article Details

How to Cite
Fitri, R., Kade Gunayasa, I. B., & Saputra, H. H. (2022). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV DI SDN 8 UTAN TAHUN 2021/2022. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 59-64. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/230
Section
Articles
Author Biographies

Rizky Fitri, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

Mahasiswa

Ida Bagus Kade Gunayasa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Heri Hadi Saputra, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

Dosen