Pada abad 21 ini perkembangan teknologi menjadi serba canggih dimana sebagian banyak orang menggunakan perantara digital untuk melakukan suatu kegiatan. Bidang pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu contoh penggunaanya yaitu dengan cara menggunakan media dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Terdapat beragam media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang salah satunya adalah media audio visual. Media pembelajaran audio visual merupakan media yang dapat menyampaikan informasi yang lebih nyata melalui gambar bergerak dan suara yang berhubungan dengan indra penglihatan dan pendengaran. Penelitian ini diawali dari banyaknya peserta didik yang kurang mengerti materi yang dijelaskan oleh gurunya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu literature review dengan metode studi review yang menelaah beberapa jurnal yang telah terpublikasi dari tahun 2011-2022. Hasil yang didapatkan dari penelitian kepustakaan ini adalah penggunaan media audio visual efektif dan berpengaruh positif dalam pelaksanaan pembelajaran daripada menggunakan metode ceramah atau metode konvensional. Hal tersebut juga ditunjukkan dari hasil tes yang dilakukan, bahwa kelas yang menggunakan media audio visual dalam pembelajarannya mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan media audio visual dalam melakukan pembelajaran.
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research