Adanya berbagai permasalahan terkait dengan proses pembelajaran matematika di sekolah seperti rendahnya pemahaman konsep matematika siswa sehingga sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Penggunaan model pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan minat peserta didik hingga akhirnya dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning. Problem Based Learningmerupakan salah satu model pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai dasar bagi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi artikel yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 19 artikel yang diperoleh dari Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Kesimpulannya menunjukkan bahwa model Problem Based Learning sangat cocok untuk diterapkan sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dikarenakan model Problem Based Learning memiliki 4 kelebihan dalam berlangsungnya pembelajaran diantaranya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, menjadikan pembelajaran lebih bermakna, dapat membuat siswa menjadi pembelajar yang mandiri, dan dapat membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan bertangggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Pemahaman konsep, Matematika Siswa
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research