Kesulitan mengingat dan mudah lupa merupakan hal yang sering dialami siswa dalam proses belajar dan pembelajaran, banyaknya materi yang harus disimpan dalam ingatan menjadi salah satu faktor yang menimbulkan masalah lupa, untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya upaya atau metode yang tepat dalam pembelajaran untuk membantu memudahkan dalam mengingat dan meningkatkan daya ingat siswa, metode mnemonik merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengatasi masalah “lupa” pada siswa. Metode mnemonik merupakan cara yang digunakan untuk membantu memudahkan siswa dalam mengingat dan menghafal sebuah informasi yang diterima agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Daya ingat merupakan kemampuan menyimpan dan menggali kembali informasi yang sudah diterima, juga merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah, menganalisis pengaruh metode mnemonik terhadap kemampuan daya ingat siswa, terutama pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode literatur review study melalui berbagai sumber dari artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mnemonik berpengaruh dalam meningkatkan daya ingat siswa, kesimpulannya metode mnemonik metode yang dapat diterapkan sebagai metode mengajar supaya siswa tidak mudah lupa terhadap materi belajar yang sudah disampaikan dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research