Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang mendasar. Tentu saja dalam proses membaca, siswa tidak hanya mendapatkan kemampuan membaca namun juga dilengkapi dengan pemahaman terkait bacaan. Pemahaman bacaan yang dimaksud disini adalah pemahaman yang termasuk kedalam aspek membaca yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Pada penelitian kali ini akan membahas mengenai “Analisis Kemampuan Membaca Terhadap Pemahaman Siswa Kelas III di SD Negeri 48 Cakranegara”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dan apakah mereka mendapatkan pemahaman dari bacaan yang mereka dapatkan, baik selama proses pembelajaran ataupun saat mengerjakan pekerjaan rumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa dan 1 wali kelas. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa sebagian besar siswa kelas III sudah dengan baik dalam kemampuan membaca, namun belum mampu dalam memahami bacaan yang dibaca. Adapaun penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mendapatkan pemahaman adalah karena kebiasaan yang susah fokus, rata-rata siswa lebih memilih membaca cepat daripada membaca yang mendapatkan pemahaman lebih. Ada 1 orang siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca kalimat dan paragraph sedangkan siswa lainnya rata-rata tidak mengalami kesulitan dalam membaca kata, kalimat, dan paragraf.
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research