Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam meningkatkan tingkat keterlibatan siswakelas dua di SDN 1 Saribaya. Teknik PBL merupakan strategi pembelajaran yang menempatkan siswa di pusat pembelajaran mereka sendiri. Dalam metode ini, siswa dihadapkan pada masalah-masalah autentik dan didorong untuk bekerja sama serta menggunakan keterampilanberpikir kritis untuk menemukan solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodologi penelitianberbasis perpustakaan. Data diperoleh dari sumber-sumber perpustakaan. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan yang nyata dalamketerlibatan aktif siswa sebagai konsekuensi langsung dari penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Siswa menunjukkan lebihbanyak keterlibatan dalam diskusi kelas, menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengajukan pertanyaan, dan menunjukkan inisiatif yanglebih besar dalam mencari jawaban atas tantangan yang diberikan. Lebih jauh lagi, PBL memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial dankolaborasi di antara siswa. Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan pendekatan pendidikan yang sangat berhasil yang mendorong lebihbanyak keterlibatan dan keterlibatan di antara siswa kelas 2 di SDN 1 Saribaya.
Kata Kunci: Strategi, Problem Based Learning, Partisipasi Aktif, Pembelajaran Matematika
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research