UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA SEMPOA.

Authors

Kiki Fatkhiyani , Ririn Andriani Kumala Dewi , Najihatul Munawaroh

DOI:

10.29303/prospek.v4i3.413

Published:

2023-10-10

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

Keywords:

Agustina, A. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 600-611. Aripen. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 12 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat. Aqib. Z., & Amrullah, A,. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Andi. Farida, B. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2),81. https://doi.org/10.30659/Pendas.4.2.81-90 Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hasugian, J,. W. (2021). Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Teknologi Berita Hidup, Vol 4, No 1, September 2021 Hendriana. H., & Afrilianto. M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama. Herlina, F. & Taufina. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4(4) 821-828 Istiqomah. I., Kukuh. M., & Zulyanty. M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Tebo Melalui Pendekatan Matematika Realistik. (Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Komariyah, S., & Laili, A.F.N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523 Lestari, B. Sutiarso, S. Nurhanurawati. (2013). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, Mei 2013 Margareth. S., Simarmata. E., J., Sipayung. R., & Silaban. P., J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 No 5 Tahun 2021.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015 Novianti.A., Bentri. A., & Zikri. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 4 No 1 Tahun 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147 Pardossi, A. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 9 No. 2 Juli 2018:28-36. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26769 Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3),241-250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.13.p241-250 Sumianto, S. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Al-Azim Sdit Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Jurnal Basicedu 2(1). 49-56 Thobroni. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Wadan, Y,Anuli,. Kadir,. Surya Budi Utomo Mashanafi. (2022). Penerapan Media Sempoa untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Cokro Aminoto Desa Ikhwan. Jurnal of Elementary Education research. Volume 2, No.1 Juni 2022, 44-53. Widyaningrum, R. 2011. Tahapan J. Bruner dalam pembelajaran matematika pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat disekolah dasar (SD/MI). Jurnal Cendekia, 9 (1) : 65-80. Wijaya. A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. YogyakarSta: Graha Ilmu

Articles

Downloads

How to Cite

Fatkhiyani, K., Kumala Dewi, R. A., & Munawaroh, N. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA SEMPOA. PROGRES PENDIDIKAN, 4(3), 186–192. https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.413

Downloads

Download data is not yet available.