Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020
Keywords:
learning model, concept sentence, writing skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen berjenis Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan yang berjumlah 121 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas V/A, V/B dan V/C. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas V/A sebagai kelas eksperimen dan V/B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes berupa essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 67,87 dan pre-test kelas kontrol sebesar 60,63 sedangkan nilai post-test kelas eksperimen sebesar 77,59 dan post-test kelas kontrol sebesar 67,63. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t sampel independen dengan bantuan program analisis statistik SPSS 18.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 diperoleh hasil ttest < 0,05 (ttest = 0,019), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 5 Ampenan kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.