Kreatifitas Guru dalam Mengajar di Sekolah Inklusi

Authors

  • Siti Istiningsih Universitas Mataram

Keywords:

kreativitas guru, mengajar, sekolah inklusi

Abstract

Prinsip dasar dari sekolah inklusif adalah memungkinkan semua anak seyogyanya belajar bersama-sama, tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada diri mereka. Sekolah inklusif mengenal dan merespon terhadap kebutuhan yang berbeda-beda dari para siswanya, mengakomodasi berbagai macam gaya dan kecepatan belajarnya, dan menjamin diberikannya pendidikan yang berkualitas kepada semua siswa melalui penyusunan kurikulum yang tepat, pengorganisasian yang baik, pemilihan strategi pengajaran yang tepat, pemanfaatan sumber dengan sebaik-baiknya, Kreativitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah inklusi adalah dengan a) menanamkan hubungan yang baik dengan peserta didik, b) bersikap ramah dan hangat, c) memuji anak berkebutuhan khusus dan membantu peserta didik lainnya, d) pengaturan tempat duduk yang bervariasi, e) menyiapkan berbagai macam bahan yang bervariasi untuk semua mata pelajaran dan f) melaksanakan penilaian hasil belajar dengan observasi dan portofolio.

Downloads

Published

2020-09-06

How to Cite

Istiningsih, S. (2020). Kreatifitas Guru dalam Mengajar di Sekolah Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusif, 1(1), 39–44. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/38