EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V

Main Article Content

Rahayu Dwi Prastiti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V MI Kedungwuluh Lor serta hambatan dan solusi dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. partisipan dalam penelitian ini meliputi 1 guru kelas V dan 15 peserta didik.  Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi WhatsApp Group dan google form; 2) guru-guru sudah mengikuti sosialisasi dan pelatihan tentang pembuatan video pembelajaran dan penggunaan google form, sebelum dilaksanakannya pembelajaran secara daring: 3) nilai-nilai yang dihasilkan peserta didik  pada evaluasi pembelajaran matematika sudah bagus. Faktor penghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika di masa pandemi pada siswa kelas V di masa pandemi Covid-19 MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor yaitu pengeluaran kouta yang semakin besar karena adanya pembelajaran daring. Tidak semua peserta didik mempunyai fasilitas handphone, sehingga untuk mengerjakan tugas biasanya mereka menungu orang tua mereka pulang bekerja. Peserta didik tidak bisa memahami materi yang sudah disampaikan guru. Solusi yang dilakukan yaitu adanya bantuan kuota yang diberikan oleh pemerintah, bagi peserta didik yang tidak paham materi dapat menanyakan langsung ke guru.

Article Details

How to Cite
Dwi Prastiti, R. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V. Renjana Pendidikan Dasar, 2(2), 126-132. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/198
Section
Articles