ANALISIS KESULITAN BILANGAN CACAH DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Een Unaenah
Dicha Noviantik
Muhammad Ariq

Abstract

Penelitian ini adalah studi awal dalam menganalisis permasalahan kesulitan bilangan cacah. Adapaun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis permasalahan kesulitan bilangan cacah disekolah dasar. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar agar peserta didik memiliki bekal dengan kemampuan berfikir logis, analisis, kritis, dan kreatif serta memiliki kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh. Mengelola serta memanfaatkan informasi. Terdapat beberapa penyebab permasalahan kesulitan pada operasi hitung bilangan cacah yaitu 1. Kesulitan dalam konsep pemjumlahan 2. Kesulitan dalam konsep pengurangan dengan menggunakan teknik meminjam, 3. Kesulitan dalam memahami soal cerita dan kesulitan dalam menerjemahkan ke dalam kalimat matematika.


 

Article Details

How to Cite
Unaenah, E., Noviantik, D., & Ariq, M. (2022). ANALISIS KESULITAN BILANGAN CACAH DI SEKOLAH DASAR. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 185-190. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/261
Section
Articles