PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 BANJARSARI

Main Article Content

Sulmiati Sulmiati

Abstract

Internet sendiri adalah gabungan dari berbagai LAN (suatu jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal) dan WAN (suatu jaringan komputer yang mencakup wilayah luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih) yang berada di seluruh jaringan komputer di dunia, sehingga terbentuk jaringan dengan skala yang lebih luas dan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Instrumen yang diguanak untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan lembar observasi pembelajaran. Hasil pemberian perlakuan berupa game online pada kelas eksperimen dalam pemberian post-test, diperoleh nilai terendah yaitu 60 dan nilai tertinggi yang didapatkan 80 dengan nilai rata-rata diperoleh 73,95. Hal ini menandakan bahwa kedua kelas tersebut tidak ada perbedaan yang cukup segnifikan. Sedangkan untuk nilai rata-rata pada post-test pada kelas kontrol diperoleh sebesar 79,1 dan merupakan rata-rata tertinggi dari keempat test yang diberikan. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kedua kelas tersebut terdapat perbedaan yang cukup signifikan

Article Details

How to Cite
Sulmiati, S. (2022). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 BANJARSARI. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 232-238. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/265
Section
Articles
Author Biography

Sulmiati Sulmiati, SDN 3 Banjarsari

Guru