PENGARUH STRATEGI PENEMUAN TERBIMBING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V

Main Article Content

Suanah Suanah
Suroyo Suroyo
Ucu Rahayu

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar diperlukan strategi pembelajaran untuk memberikan motivasi siswa. Kemandirian belajar perlu dimiliki siswa sebagai tanggung jawah keberhasilan belajar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh strategi penemuan terbimbing dan kemandirian belajar terhadapĀ  hasil belajar IPA. Penelitian mengunakan tes awal dan tes akhir. Sampel penelitian dipilih dari 2 sekolah sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes tertulis, observasi kegiatan pembelajaran, penilaian kemandirian belajar, studi dokumentasi dan kajian literatur. Metode analisis data dengan perhitungan uji-t, uji anova satu arah dan uji anova dua arah. Hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA, antara siswa yang menggunakan strategi penemuan terbimbing metode praktikum dibandingkan metode demonstrasi; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA, antara siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi dibandingkan kemandirian belajar rendah; (3) Tidak terdapat pengaruh penggunaan strategi penemuan terbimbing metode praktikum dan metode demonstrasi model terhadap hasil belajar IPA, bagi siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi; (4) Terdapat pengaruh penggunaan strategi penemuan terbimbing metode praktikum dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA, bagi siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah; (5) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi dan rendah yang diajarkan dengan strategi penemuan terbimbing metode praktikum dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA

Article Details

How to Cite
Suanah, S., Suroyo, S., & Rahayu, U. (2022). PENGARUH STRATEGI PENEMUAN TERBIMBING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V . Renjana Pendidikan Dasar, 2(4), 288-296. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/275
Section
Articles