STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SDN 1 SELEBUNG

Main Article Content

Dwi Tirta Laksmi
A. Hari Witono
Lalu Hamdian Affandi

Abstract

Membaca mempunyai peranan penting dalam kehidupan, karena dalam pembelajaran tidak lepas dari kegiatan membaca dari setiap bidang studi untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Namun, faktanya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca terutama siswa kelas rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan membaca siswa kelas 2 SDN 1 Selebung dan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 SDN 1 Selebung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan narrative inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Selebung yang terletak di Desa Selebung, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bentuk-bentuk kesulitan membaca siswa kelas 2 di SDN 1 Selebung terdiri dari kesulitan mengenal huruf, anak yang membaca kata demi kata, penghilangan huruf atau kata, sulit memusatkan perhatian dan rendahnya daya ingat. Kemudian, strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 di SDN 1 Selebung yaitu dengan menerapkan program SAC dengan pembelajaran berbasis level. Keterlibatan semua pihak memiliki peran penting dalam mengatasi kesulitan membaca siswa baik itu kepala sekolah, guru, orang tua, maupun siswa. Oleh karena itu, semua pihak harus memaksimalkan perannya untuk dapat lebih mudah mengatasi setiap permasalahan.


 


 

Article Details

How to Cite
Laksmi, D. T., Witono, A. H., & Affandi, L. H. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SDN 1 SELEBUNG. Renjana Pendidikan Dasar, 2(4), 266-272. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/277
Section
Articles