PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Gusti Ayu Utari Putri Damayani
Siti Istiningsih
Nurwahidah Nurwahidah

Abstract

Munculnya Coronavirus Disease (Covid-19) memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan. Pandemi ini mampu mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Akibat pandemi ini, sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara luring kini dilakukan secara daring. Hal ini juga menyebabkan menurunnya tingkat pendidikan karakter di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik terutama dalam masa pandemi covid-19 ini. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah metode kajian pustaka dengan merujuk pada sekitar tujuh artikel dan jurnal yang terkait dengan pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat banyak kasus yang ditemukan terkait dengan kurangnya pendidikan karakter bagi peserta didik. Hal ini menyebabkan guru harus mengupayakan terlaksananya pendidikan karakter bagi peserta didik meskipun dalam pembelajaran secara daring. Selain itu, guru juga harus bekerja sama dengan orang tua siswa untuk mengawasi peserta didik ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring di rumah demi mewujudkan terciptanya pendidikan karakter yang baik bagi peserta didik

Article Details

How to Cite
Damayani, G. A. U. P., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 99-105. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/222
Section
Articles
Author Biographies

Gusti Ayu Utari Putri Damayani, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

Mahasiswa

Siti Istiningsih, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Nurwahidah Nurwahidah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

Dosen