Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Naskah

Naskah yang diserahkan berupa hasil penelitian yang original yang cukup baik dan berkontribusi dan memiliki kebaruan (novelty) bagi dunia pendidikan dasar. Penulis diminta untuk menyerahkan naskah secara elektronik menggunakan prosedur pengiriman online di Jurnal Renjana Pendidikan Dasar. Penulis yang menyerahkan naskah harus menyatakan bahwa naskah tersebut tidak dipertimbangkan untuk diterbitkan di jurnal lain. Editor akan mengabaikan naskah yang dikirim apabila penulis tidak mengikuti prosedur ini.

Petunjuk Umum

  1. Artikel yang dikirim ke Jurnal Renjana Pendidikan Dasar harus merupakan karya ilmiah asli dan belum pernah dipublikasikan di jurnal atau media manapun sebelumnya.
  2. Artikel ditulis dengan menggunakan aturan baku Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan variasi tulisan ilmiah, bukan variasi karya ilmiah populer dan komunikasi lisan.
  3. Jumlah halaman maksimum yang diperbolehkan adalah 15 halaman dan naskah diketik dengan program Microsoft Word.
  4. Artikel serahkan dalam bentuk soft file saja.
  5. Sebagai konfirmasi, pengiriman Naskah juga dapat dilakukan sebagai lampiran email ke alamat: renjana@prospek.unram.ac.id.

Struktur Naskah

  1. Judul artikel dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tidak boleh lebih dari 16 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital (tengah), dengan ukuran letter 16 poin.
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat institusi asal dan email. Penulis pertama, penulis kedua, penulis ketiga, dan seterusnya ditulis berurutan mulai dari nama, instansi asal hingga email. Maksimal 5 Penulis dan sertakan tautan akun ORCiD mereka.
  3. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, Panjang setiap abstrak 100-200 kata. Abstrak mengandung intisari dari seluruh isi tulisan yang disajikan dengan jelas, utuh dan lengkap. Abstrak bukanlah salinan kesimpulan. Komponen-komponen yang terdapat dalam abstrak adalah IMRAD (Pendahuluan, Metode, Hasil, dan Pembahasan). Pendahuluan merupakan penjelasan tentang alasan utama dilakukannya penelitian. Metode adalah penjelasan tentang cara kerja penelitian. Hasil tersebut merupakan penjelasan dari hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut. Diskusi adalah kesimpulan dari penelitian. Kata kunci harus dalam bentuk kata atau frase yang terkandung dalam 4-6 kata / frase.
  4. Bagian pendahuluan berisi tentang latar belakang, konteks penelitian, dan hasil studi pustaka. Memberikan pengenalan terhadap substansi naskah sesuai dengan topik dan alasan baik teoritis maupun praktis dibalik penulisan naskah. Berisi secara eksplisit dengan singkat dan jelas arah, maksud, tujuan, kebaruan, dan kegunaan naskah. Penjelasan singkat tentang apa yang peneliti lain lakukan / temukan sebelumnya. Kemudian uraian masalah yang akan diperiksa. Antasida pada penelitian lain terkait hasil dan sebaiknya ditunda dalam Diskusi.
  5. Bagian metode berisi pemaparan berupa paragraf tentang pendekatan atau jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 5-10% dari total panjang artikel. Setiap hasil pengukuran yang dilaporkan di bagian Hasil harus diketahui metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil tersebut. Penggunaan prosedur standar hanya dapat dirujuk. Deskripsi metode ditulis di bagian Metode ini. Jelaskan prosedur analisis statistik yang digunakan. Penggunaan instrumen pendukung (tabel, diagram) dengan format yang sesuai yang tersedia pada Template Naskah.
  6. Bagian hasil penelitian berisi pemaparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Hasil penelitian apa pun harus didiskusikan. Pembahasan berisi tentang pengertian hasil dan perbandingan dengan teori dan / atau hasil penelitian sejenis. Porsi pemaparan hasil dan pembahasan 75-85% dari total panjang artikel. Jika hasil terpisah dari pembahasan maka bagian Hasil hanya menyajikan hasil penelitian tanpa harus ada bagian pembahasan. Hasil ditulis secara sistematis. Jangan menyajikan gambar dari data tabel (gunakan hanya satu). Informasi yang disajikan harus disusun secara berurutan dan sesuai dengan hirarki teorinya. Jika ingin menekankan hasil yang diperoleh sebaiknya disajikan dalam bentuk angka lain misalnya dalam bentuk persentase atau selisih. Jika Anda ingin menampilkan nomor yang dimaksud, lihat saja tabel yang berisi nomor tersebut. Diskusi perlu ditulis dengan bahasa yang jelas dan tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Kelompok penelitian serupa dapat dirujuk dalam kelompok. Presentasi diskusi juga harus memiliki alur yang sistematis, jangan membahas suatu aspek secara berulang-ulang. Gunakan kerangka berpikir yang sistematis sehingga pembahasan akan berakhir pada suatu poin yang akan mendukung kesimpulan. Implikasi penelitian (teoritis dan aplikasi) perlu ditekankan dalam pembahasan. Jumlah tabel dan heading harus ditulis diatas tabel. Dalam gambar, jumlah gambar dan judul harus ditulis di bawah gambar.
  7. Bagian kesimpulan/penutup berisi temuan penelitian berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau bentuk intisari hasil pembahasan. Bagian kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf. Kesimpulannya bukanlah "salinan" dari hasil dan pembahasan. Kesimpulan bukan berupa spekulasi dan harus didasarkan pada fakta hasil penelitian.
  8. Acknowledgment ditempatkan sebelum daftar pustaka. Lembaga pendana perlu disebutkan sebagai dokumentasi. Pengakuan atas kontribusi individu atau lembaga yang bermakna dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan.
  9. Sumber referensi harus konsisten. Artinya, rujukan hanya berisi sumber rujukan yang berasal dari yang dikutip atau yang dikutip. Referensi yang digunakan adalah sumber primer berupa artikel penelitian di jurnal atau laporan penelitian (meliputi skripsi, tesis, disertasi). Adapun manajemen kutipan dan referensi adalah wajib untuk menggunakan aplikasi Mendeley. Item dalam daftar referensi harus diatur sesuai dengan APA Edisi ke-6. (Publication Manual of the American Psychological Association).
  10. Manuskrip Template (Manuscript Template Bahasa Indonesia) dalam bentuk Microsoft Word dapat diunduh pada dashboard pada OJS ini.