Pendidikan Karakter merupakan aspek penting dalam mengembangkan ranah afektif, khususnya bagi anak usia Sekolah Dasar.Dalam mengembangkan karakter peserta didik adanya krisis nilai karakter dan moral yang di alami oleh peserta didik, yang di karenakan kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik.untuk itu Guru dapat mengembangkan materi berbasis kearifan lokal dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik yang diharapkan dapat mengembangkan karakter siswa seperti karakter kerja sama, toleransi, dan sikap peduli. Siswa sepatutnya memiliki sikap yang arif dan bijak dalam memandang kearifan lokal yang dimiliki oleh daerahnya, sebagai bagian dari pengembangan pendidikan karakter sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan teori pengembangan karakter peserta didik berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran di sekolah.metode penelitian di lakukan dengan study literatur di mana penelitian menggunakan metode literatur atau (library research). Library research adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis artikel atau jurnal dan berbagai macam data-data yang relevan dan mutakhir lainnya yang terdapat dalam kepustakaan.adapun hasil penelitian adanya program pembelajaran yang ranah efektif sebagai salah satu karakteristik peserta didik dalam hasi belajar nya. Jadi dapat di simpulkan bahwa untuk meningkatkan pada proses pembelajaran peserta didik perlunya menciptakan pembelajaran yang menarik.
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research