Evaluasi merupakan alat atau proses untuk mengukur kegiatan belajar. Berpikir adalah kemampuan untuk menganalisis, mengkritik, dan mencapai kesimpulan dengan menggunakan pertimbangan atau inferensi yang saksama. Faktor evaluasi proses dan hasil pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting untuk efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berpikirĀ siswa baik itu berpikir kritis, kreatif dan logis dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data tentang proses pembelajaran disebut evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah seorang guru kelas 6 di SDN 24 Cakranegara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Penelitian ini melakukan wawancara tentang evaluasi kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan logis yang dilakukan oleh siswa SDN 24 Cakranegara yang berfokus pada proses bagaimana cara siswa berpikir dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian dari artikel ini yaitu 50% siswa mampu berpukir logis, 30% mampu berpikir kritis, 19% siswa mampu berpikir kreatif, dan 1% siswa tidak mampu ketiganya.
this is footer
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research