MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU BERHITUNG PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS V SDLB BHINNEKA BEJI-PASURUAN

Main Article Content

Luluk Lubadah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan media permainan kartu dapat membantu siswa tunagrahita di Kelas V SLB Bhinneka Beji Kab. Pasuruan meningkatkan prestasi belajar matematika mereka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik deskriptif komparatif. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V SLB Bhinneka Beji Kab. Pasuruan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media permainan kartu dalam pembelajaran matematika pada siswa tunagrahita di kelas V dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Di bidang Matematika, anak tunagrahita di Kelas V SLB Bhinneka Beji Kab. Pasuruan memiliki skor rata-rata awal 42,50. Nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Matematika adalah 65,83 setelah tindakan kelas pada tahap siklus I selesai. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 55,09 %. Setelah menyelesaikan tindakan kelas pada tahap siklus II, rata-rata nilai Matematika siswa naik menjadi 72,50. Kondisi ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 68,52 %.

Article Details

How to Cite
Lubadah, L. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU BERHITUNG PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS V SDLB BHINNEKA BEJI-PASURUAN . Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 196-200. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/258
Section
Articles