PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 6 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Article Content

Hafsiahnor Pua Note

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi Alat Pencernaan Manusia di SD Negeri 6 Cakranegara. Metode yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif dan pemanfaatan alat peraga yang kurang dimaksimalkan oleh guru pada saat pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal hanya 62,5% siswa yang nilainya di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut guru perlu menginovasi pembelajaran yang baru dan meningkatkan penggunaan alat peraga, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia sehingga membantu siswa mempermudah dalam memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V di SD Negeri 6 Cakranegara. 2) mendeskripsikan peningkatan keberhasilan penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga dalam  meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V di SD Negeri 6 Cakranegara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan. Penelitian ini dilakukan di  SD Negeri 6 Cakranegara dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Data penelitian didapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) penerapan penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan aktivitas guru dari siklus I 80% pada siklus II menjadi 88%. Aktivitas siswa dari siklus I 66% pada siklus II menjadi 78%. 2) Peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa saat prasiklus 62,5%, siklus I 84,21% dan pada siklus II 89,47%.

Article Details

How to Cite
Pua Note, H. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 6 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 2(4), 303-308. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/273
Section
Articles