Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Blended Learning Tema 9 Di Kelass IV SD Muhammadiyah Purwokerto

Main Article Content

Fernanda Nur Martika
Dedy Irawan

Abstract

Penelitian ini menggunnakan model Blended Learning yang menggabungkan dua pelajaran tatap muka dan daring/online. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pelajaran matematika materi bangun datar melalui model Blended Learning dibantu dengan media alat praga dan video. Dalam penelitian ini, jumlah siswa keseluruhan kelas IV yaitu 22 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas yang akan dilaksanakan yaitu melalui 2 siklus yaitu terdiri dari siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pelaksanaan dari setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari lembar evaluasi siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Peningkatan pemahaman ini dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I yaitu 69,63 dengan kriteria cukup dan perolehan skor rata- rata pada siklus II yaitu 80,31 dengan kriteria sangat baik. Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV, dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik pelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkat melalui pembelajaran Blended Learning.

Article Details

How to Cite
Nur Martika, F., & Irawan, D. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Blended Learning Tema 9 Di Kelass IV SD Muhammadiyah Purwokerto. Renjana Pendidikan Dasar, 2(2), 133-138. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/205
Section
Articles