PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS TERHADAP SISWA KELAS 1 SDN 35 CAKRANEGARA)

Main Article Content

Ni Wayan Mega Whidya Sridani
H.A Hari Witono
Nurul Kemala Dewi

Abstract

Pemerintah pusat menghasilkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran online baik tingkat sekolah maupun perguruaan tinggi. pembelajaran online adalah kegiatan pendidikan atau pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran online dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran online di kelas I SDN 35 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif danĀ  jenis penelitian deskriptif-naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran onlne sudah di laksanakan di kelas I SDN 35 Cakranegara, melalui media sosial dan dengan bantuan orang tua dirumah faktor pendukung pembelajaran berbasis online di kelas I yaitu kesiapan sekolah dan dukungan dari orang tua siswa, sedangkan faktor pengahmbat pembelajaran berbasis online yaitu tidak adanya handphone dan internet.

Article Details

How to Cite
Sridani, N. W. M. W., Witono, H. H., & Dewi, N. K. (2022). PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS TERHADAP SISWA KELAS 1 SDN 35 CAKRANEGARA). Renjana Pendidikan Dasar, 2(2), 152-157. Retrieved from https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/239
Section
Articles